Rabu, 20 Februari 2013

Latihan Soal Biologi Sesuai SKL 2013

subo quis

1. Data komposisi pada kemasan makanan: Tepung terigu, tepung tapioka, minyak sayur, perisa ayam, rempah-rempah, pemantap nabati, tartrazin Cl 19140, monosodium glutamate, asam folat, garam gula, dan bubuk cabe. Bahan penyedap sintetis yang terdapat pada makanan tersebut adalah ....

A.monosodium glutamate
B.tartrazin Cl 19140
C.pemantap nabati
D.tepung tapioka

2. Narkotika golongan halusinogen menyebabkan pemakainya berhalusinasi (berkhayal). Efek halusinasi menunjukkan bahwa narkotika jenis tersebut ….
A.mempengaruhi fungsi system saraf pusat
B.menurunkan fungsi saraf simpatik
C.meningkatkan saraf parasimpatik
D.menghambat kerja sumsum tulang belakang

3. Perhatikan gambar berikut.

                           1                                     2                               3                                 4
Mahluk hidup yang menunjukkan proses menanggapi dan menerima rangsang cahaya adalah gambar nomor ….
A.1
B.2
C.3
D.4

4. Ciri Arthropoda adalah sebagai berikut :
    1. kaki jalan berjumlah lima pasang
    2. antena sepasang
    3. eksoskeleton tersusun dari zat kitin
    4. bernapas dengan insang
    5. tubuh terdiri atas cephalotorak dan abdomen
   Berdasarkan ciri - ciri di atas, hewan tersebut termasuk kelas ....  
A. Insekta
B. Crustacea
 Myriapoda
D. Arachnoida

5.  Pola interaksi makhluk hidup di bawah ini yang tepat adalah ....

No
Mahluk 1
Mahluk 2
Interaksi
A.
anggrek
Tumbuhan inang
kompetisi
B.
kambing
sapi
mutualisme
C.
harimau
kijang
antibiosis
D.
tali putri
beluntas
 parasitisme

A
B
C
D

6.  Perhatikan gambar berikut!











 Usaha yang bijaksana dalam mengatasi pencemaran air pada gambar tersebut adalah ....
A. membuat unit pengelolaan limbah sederhana rumah tangga
B. mengalirkan limbah rumah tangga langsung ke sungai  
C.melakukan reboisasi di sepanjang aliran sungai 
D.menimbun sampah plastik dalam tanah

7.  Perhatikan grafik pertumbuhan penduduk berikut ini!
 

Dampak pertambahan penduduk terhadap lingkungan yang mungkin terjadi adalah... 
A. munculnya kasus kelaparan
B. sempitnya lapangan kerja
C.  meningkatnya kadar CO2
D. meningkatnya tingkat kesehatan

8. Perhatikan skema berikut!. 











  


Urutan aliran darah yang banyak mengandung oksigen pada tubuh manusia ditunjukkan oleh …
A.  6→2→4→5 dan 7→2→4→5
B.  7→1→3→5 dan 6→1→3→5
C. 5→1→3→6 dan 5→1→3→7
D. 5→2→4→6 dan 5→2→4→7

9. Sistem gerak manusia terdiri atas tulang dan otot. Tulang merupakan alat gerak pasif dan otot merupakan alat gerak aktif. Sistem gerak dapat mengalami kelainan atau gangguan. Berikut ini kelainan atau gangguan pada otot adalah ....
A. fraktura
B.skoliosis
C. osteoporosis
D. atrofi

10.Hubungan yang benar antara tempat dihasilkan, enzim, dan fungsinya adalah ....
A. pankreas, tripsin, mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
B. pankreas, amilase, mengubah amilum menjadi glukosa
C. lambung, pepsin, mengubah protein menjadi asam amino
D.kelenjar ludah, ptialin, mengubah protein menjadi pepton

11. Gangguan berupa penyempitan saluran pernapasan akibat alergi debu, udara dingin, atau bulu disebut ....
A. emfisema
B. asma
C. asfiksi
D. bronkhitis

12. Tangan Jarot terluka saat memotong ranting, lalu jarinya berdarah. Beberapa saat kemudian lukanya menutup dan dara tidak menetes lagi. Menutupnya luka di jari jarot akibat peran dari ....
  A. serum dan fibrinogen
B. keping darah dan plasma darah
C. fibrinogen dan keping darah
D. plasma darah dan serum

13. Pada penampang alat reproduksi wanita berikut ini, yang ditunjuk dengan angka 5 berfungsi untuk ....











A. menghasilkan sel telur
B. tempat dihasilkan hormon reproduksi
C. tempat tumbuh dan berkembangnya janin
D. tempatterjadinya pembuahan



14. Perhatikan gambar sel saraf berikut !
 
 Bagian yang ditunjuk angka 2 adalah....
A. dendrit
B. badan sel
C. nodus ranvier
D. akson

15. Pernyataan berikut berhubungan dengan ciri jaringan pada tumbuhan:
       1. mengandung banyak klorofil
       2. terlindung selapis sel di atasnya
       3. susunan selnya sangat rapat dan tersusun rapi
Jaringan yang memiliki ciri - ciri tersebut adalah ....
A. jaringan pallisade
B. jaringan epidermis
C. jaringan pengangkut
D. jaringan bunga karang

16. Seorang siswa melakukan percobaan dengan menanam kacang hijau di dekat jendela menghadap sinar matahari. Setiap hari tanaman tersebut disiram, setelah 15 hari batang kedelai akan tumbuh .... 
A. menjauhi cahaya
B. lurus ke atas
C. menuju ke arah datangnya cahaya
D. melengkung ke bawah mendekati tanah

17. Perhatikan tahapan percobaan fotosintesis berikut !
 
 Dari tahapan percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa bagian daun yang tidak ditutup kertas karbon menghasilkan .... ( UN 2010/2011)
A. energi
B. amilum
C. oksigen
D. karbondioksida

18. Contoh perilaku hewan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya adalah .... (UN 2009/2010)
A. rayap memiliki enzim selulase
B. penciuman yang tajam pada anjing
C. kerbau berkubang di saat udara panas
D. cakar yang kuat pada kucing

19. Persilangan antara ercis berbiji bulat (BB) dengan biji kisut (bb) menghasilkan F1 berbiji bulat. Apabila F1 disilangkan sesamanya dan menghasilkan 500 tanaman, kemungkinan akan memperoleh F2 berbiji kisut sebanyak ....( UN 2009/2010)
A. 100 butir
B. 125 butir
C. 375 butir
D. 500 butir

20. Manfaat dari teknologi reproduksi kultur jaringan adalah untuk memperoleh ....
A. tanaman unggul, bervariasi sifatnya dan pertumbuhannya cepat
B. tanaman unggul yang bebas hama dan sifat yang bervariasi
C.  bibit bibit tanaman unggul dalam waktu singkat dan jumlahnya banyak
D. tanaman unggul dalam jumlah yang banyak dan bervariasi sifatnya


NILAI =
Jawaban benar:



















-->

Kamis, 14 Februari 2013

LATIHAN SOAL

subo quis
1. Perhatikan gambar organisme dibawah ini !

 Organisme yang termasuk dalam filum Mollusca adalah nomor... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

2. Perhatikan gambar aktivitas makhluk hidup berikut ini... .












Ciri yang ditunjukkan dalam gambar tersebut adalah
A. makan
B. menanggapi rangsang
C. tumbuh dan berkembang
D. beradaptasi terhadaplingkungan

3. Penggunaan MSG (monosodium glutamat)dalam makan secara berlebihan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan
A. pengroposan tulang
B. resiko terkena kanker lebih tinggi
C. penyerapan sari makanan di usus terganggu
D. fungsi kerja sistem saraf mengalami gangguan/kerusakan

4. Perhatikan tabel dibawah ini !

Hubungan antara organisme dengan jenis interaksinya yang tepat adalah... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

5. Ciri-ciri psikis orang yang mengalamiketergantungan psikotropika adalah... .
A. berat badan menurun drastis
B. tekanan darah menurun
C. suka tidur larut malam
D. mudah tersinggung

6. Perhatikan gambar sistem pencernakan manusia berikut











Enzim pepsin dan tripsin secara urut dihasilkan oleh bagian yang bernomor... .
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 5 dan 1

7. Perhatikan beberapa ciri sel darah berkut
1). mampu membunuh kuman 2). bentuk tidak tetap 3). tidak memiliki inti 4). mengandung hemoglobin 5). memiliki umur sekitar 120 hari ciri-ciri yang dimiliki sel darah merah adalah... .
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 1

8. Salah satu upaya untuk mengatasi pencemaran udara adalah... .
A. tidak mengoperasikan kendaraan tua
B. membatasi ijin pendirian pabrik
C. melarang penebangan hutan
D. membuat hutan kota

9. Penyakit pembengkaan paru-paru karena pembuluh darah kemasukan udara dinamakan... .
A. pleuritis
B. bronchitis
C. asfiksi
D. enfisema

10. Jumlah penduduk di kota-kota besar Indonesia sangant tinggi, bukti yang dapat dilihat adalah kemacetan kendaraan, penggunaan tepi-tepi sungai untuk pemukiman. Dampak terhadap lingkungan yang timbul karena pemanfaatan tepi sungai untuk tempat tinggal adalah... .
A. kesehatan menurun
B. sungai menjadi kotor
C. penduduk terancam aliran sungai
D. semakin tingginya penggunaan air

11. Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut!












Berdasarkan gambar di atas, bagian nomor 2 berfungsi untuk... .
A. mengangkut air dan garam mineral dari akar sampai kedaun
B. mengangkut hasil foto sintetis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan
C. melindungi jaringan yang ada di dalamnya
D. membentuk jaringan kayu dan jaringan kulit

12. Perhatikan gambar tulang belakang manusia berikut ini !










Kelainan tulang belakang kifosis  ditunjukkan oleh gambar... .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

13. Perhatikan tabel berikut !









Hubungan yang  tepat antara bagian otak dan fungsinya adalah....
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

14. Perhatikan gambar gerak tumbuhan dibawah ini !











 Gambar diatas merupakan contoh gerak... .
A. fototropisme
B. kemotaksis
C. tigmotropisme
D. seismonasti

15. Perhatikan gambar nefron berikut !












Bagian yang berfungsi sebagai tempat penyaringan darah ditunjukkan  oleh bagian nomor... .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

16. Perhatikan gambar berikut !











Percobaan tersebut menunjukkan bahwa  tumbuhan memiliki ciri hidup, yaitu... .
A. bergerak
B. peka terhadap rangsang
C. mengeluarkan zat sisa
D. memerlukan makanan

17. Perhatikan rangkaian percobaan foto sintetis berikut !










Perlakuan pada kegiatan 4 bertujuan untuk... .
A. mematikan sel-sel daun
B. menguji adanya amilun
C. melarutkan butiran khlorofil
D. menguji pentingnya cahaya matahari

18. Perhatikan diagram papan catur persilangan dihibrida pada keturunan kedua (F2) berikut ini !














Berdasarkan diagram papan catur diatas, genotip pada kotak nomor 8, 10 dan 15 berturut-turut adalah... .
A. BBKK, BbKk, dan BBKk
B. BBkk, bbKK, dan BbKk
C. Bbkk, BbKk, dan bbKk
D. BBkk, BbKk, dan bbkk

19. Microorganisme yang berperan dalam pembuatan nata de coco adalah... .
A. Rhizopus oligosporus
B. Acetobacter xylinun
C. Sacharomyces cereviceae
D. Lactobacillus casei

20. Perhatikan gambar percobaan pertumbuhan kecambah dibawah ini !













Kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan tersebut adalah... .

A. pertumbuhan kecambah dipengaruhi faktor dari dalam
B. pertumbuhan kecambah tidak terpengaruh cahaya
C. kecambah tumbuh lebih cepat di tempat gelap
D. kecambah tumbuh lebih cepat ditempat terang


NILAI =
Jawaban benar:


Kamis, 07 Februari 2013

SKL 26 : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.



PENGELOLAAN LINGKUNGAN

A.  Pengaruh penebangan hutan terhadap kerusakan lingkungan
Hutan merupakan tempat tinggal (habitat) berbagai tumbuhan dan hewan yang berinteraksi satu sama lain.
1.  Manfaat hutan
a.    Menjaga kelembaban suhu : Penguapan air di hutan akan menyebabkan awan yang akan jatuh sebagai hujan.
b.    Menahan air : karena di hutan banyak pori – pori tanah dan akar, maka hutan merupakan lahan yang efektf untuk menahan resapan air.
c.    Sumber pangan dan obat – obatan serta tempat hidup berbagai macam hewan.
2.  Upaya pencegahan dan penanggulangan kerusakan hutan di indonesia
a.    Tebang pilih : Pohon yang ditebang adalah pohon yang telah tua, dengan kriteria tertentu.
b.    Reboisasi ( reforestasi) : menghutankan kembali hutan yang telah terlanjur rusak.
c.    Aforestasi : menghutankan daerah yang bukan hutan untuk menggantikan daerah hutan yang digunakan untuk keperluan lain.
d.    Pemberian penghargaan : Diberikan pada orang – orang yang telah berjasa dalam menjaga kelestarian hutan.
e.  Mencegah kebakaran hutan

B.  Pengaruh pencemaran lingkungan dan upaya pencegahannya
Pencemaran lingkungan atau polusi adalah masuknya zat lain yang merugikan ke dalam lingkungan ( polutan )sebagai akibat kegiatan manusia atau proses alami.Akibatnya lingkungan menjadi tidak sesuai dengan fungsinya, dan merugikan bagi kehidupan organisme di dalamnya.
1.  Pencemaran air
Air normal : adalah air yang PH nya 6,5 – 7,5,warnanya jernih,  tidak berbau, tidak berasa, dan tidak ada endapan berbahaya di dalamnya.
Penyebab pencemaran :
a.    limbah rumah tangga : detergen, sampah organik.
b.    Limbah industri : mercuri ( raksa), timabl, kadmium.
c.   Kegiatan pertanian : Pemupukan yang berlebihan menyebabkan pertumbuhan ganggang yang berlebihan dalam perairan (Eutrofikasi )
Cara – cara penanggulangi pencemaran air :
à. mengolah limbah industri sebelum di buang ke alam.
b. Mendinginkan limbah panas sebelum di buang.
c. penggunaan pupuk sesuai aturan dan dosisnya
d. tidak membuang limbah rumah tangga langsung ke perairan.

 2.  Pencemaran udara
Dapat disebabkan oleh kegiatan manusia ( merokok, transportasi, industri dll) ataupun karena kejadian alam( kebakaran hutan, gunung meletus )
Bahan – bahan pencemar udara :
a.    Karbon dioksida ( CO2), Cloro flouro carbon (CFC), oksida nitrogen ( NOx) dapat menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh bumi, akibatnya terjadi efek rumah kaca. Lebih lanjut mengakibatkan pemanasan global.
b.    Sulfur oxida ( SO2) dan Nitrogen dioksida (NO2), dapat menyebabkan hujan asam.

Penanggulangan pencemaran udara :
a.    mengurangi penggunaan BBM dan batu bara diganti dengan gas
b.    menggunakan filter CO2 untuk pabrik
c.    peningkatan penggunaan energi matahari, panas bumi, angin.
d.    Peningkatan progran sejuta pon untuk mengikat carbón dioksida.
e.    Menghentikan penggunaan CFC

3.  Pencemaran tanah
Pencemaran tanah hádala masuknya bahan pencemar yang mengakibatkan tanah tidak subur. Bahan pencemar tanah : sampah, plastik, kaca, kaleng, botol dll.
Penanggulangan :
a.    Mendaur ulang sampah yang tidak dapat terurai secara alami : plastik, kaleng, botol, kaca, dll.
b.    Memanfaatkan sampah organik untuk kompos.
c.    Menggunakan pesticida sesuai dosis
d.    Membuat tempat penampungan limbah.
e.    Memulihkan kondisi tanah yang telah tercemar dengan menggunakan microorganismo ( bioremediasi)

C.  Pengelolaan lingkungan
Pengelolaan lingkungan dapat dilakukan dengan cara :
1.     Memanfaatkan SDA secara bijaksana dan terkendali
2.    melaksanakan pembangunan yang memperhatikan kelestarian lingkungan untuk kepentingan generasi mendatang.
3.    membina dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan.
4.    Membuat undang – undang tentang penglolaan lingkungan untuk mencegah tindakan manusia yang merusak lingkungan.