Minggu, 08 Januari 2012

PERKEMBANGBIAKAN

PERKEMBANGBIAKAN
Tujuan berkembang biak adalah untuk memperbanyak diri dan mempertahankan kelestarian jenisnya.
Cara Perkembangbiakan Organisme
Perkembangbiakan Organisme Secara Vegetatif
Perkembangbiakan organisme secara vegetatif merupakan perkembangbiakan yang tidak didahului oleh pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina
1. Membelah diri
 Hewan bersel satu (protozoa) seperti Amoeba dan Paramaecium berkembang biak dengan cara membelah diri.
2. Membentuk spora
 Beberapa tumbuhan, seperti jamur, lumut ganggang, dan paku-pakuan berkembang baik dengan spora.
3. Tunas
 Perkembangbiakan tumbuhan dengan bertunas yaitu tumbuhan bertunas pada tempat tertentu, dan tunas tersebut kemudian akan tumbuh menjadi bakal individu baru.
 Tumbuhan tingakat rendah yang berkembang biak dengan tunas contohnya adalah jamur ragi (Saccharomyces). Sedangkan hewan yang dapat berkembang biak dengan cara bertunas adalah Hydra. Hydra merupakan hewan karang (coelenterata) yang banyak hidup di laut.
Perkembangbiakan Organisme Secara Generatif
 Perkembangan secara generatif disebut juga perkembangbiakan secara kawin (seksual). perkembangbiakan generatif merupakan perkembangbiakan makhluk hidup yang menghasilkan individu baru, dimana sebelumnya didahului oleh pertemuan dua sel kelamin (gamet) yaitu sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (ovum).
Perkembangbiakan secara vegetatif pada organisma tingkat tinggi
Perkembangbiakan vegetatif alami :
1. Umbi lapis
Umbi lapis merupakan pelapah daun yang berlapis-lapis yang memiliki batang, cakram dan siung sebagai bahan tunas baru. Contohnya: bawang, bakung dan tulip.
2. Umbi batang
Umbi batang merupakan batang yang menggembung berisi cadangan makanan atau zat tepung. Pada kulit umbinya terdapat titik tumbuh tunas. Contohnya: kentang dan ubi jalar
3. Umbi akar
Umbi akar merupakan akar yang menggembung berisi cadangan makanan atau zat tepung. Umbinya tidak bermata tunas sehingga tidak dapat ditanam. Contohnya: singkong dan dahlia. Pada singkong umbinya tidak memiliki sisa batang sehingga jika ditanam tidak akan tumbuh, sedangkan pada dahlia mengandung sisa batang sehingga jika ditanam dapat tumbuh.
4. Tunas adventif atau tunas liar
merupakan tunas yang tumbuh di luar batang dan ketiak daun, melainkan ditepi daun dan akar tumbuhan. Contohnya: cocor bebek tumbuh tunasnya di tepi daunnya, sedangkan pada sukun, kersen, dan cemara tunas tumbuh di akar.
5. Tunas
Tunas merupakan pangkal batang yang berada di dalam tanah mampu tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contohnya: Pisang dan bambu.
Perkembangbiakan Vegetatif Buatan
Vegetatif buatan pada tumbuhan terdiri dari mencangkok, menempel atau okulasi, menyambung atau mengenten, merunduk, dan stek.




1. Mencangkok
Ketika mencangkok kulit dibuang agar tumbuh akar, kambium dibuang agar kulit tidak tumbuh lagi, dan akar akan tumbuh di bagian batang yang dikuliti pada ujung atasnya.
2. Menempel dan Okulasi
Okulasi merupakan penempelan mata tunas pada batang tanaman lain, ketika menempelkan mata tunas kambium tidak dibuang agar mata tunas dapat menempel pada batang lain dan agar tumbuh. Syarat batang pokok atau batang yang akan menermia tempelan harus yang berakar tunggang agar kokoh, sehat, dan usianya tidak terlalu muda atau tidak terlalu tua. Sedangkan syarat tanaman yang mata tunasnya diambil harus sehat, berbuah lebat, berbuah baik, dan enak. Tujuan dari pengembangbiakan itu untuk menggabungkan dua sifat tanaman agar tanaman baru lebih baik dari induknya.
3. Mengenten atau Menyambung
Mengeten merupakan penyambungan batang atau ranting pada batang tanaman lain. ketika penyambungan batang atau ranting kambium tidak dibuang agar anatar batang dapat menyambung pada batang lain dan agar tumbuh. Syarat batang pokok atau batang yang akan menerima sambungan harus yang berakar tunggang agar kokoh, sehat dan usianya tidak terlalu muda atau tidak terlalu tua. Sedangkan syarat tanaman yang batangnya diambil harus yang sehat, berbuah lebat, berbuah baik, dan enak. Tujuan dari perkembangbiakan itu untuk menggabungkan dua sifat tanaman agar tanaman baru lebih baik dari induknya.
4. Merunduk
Merunduk adalah membengkokan rating atau batang tanaman yang ditimbun oleh tanah sehingga menjadi tumbuhan baru yang terpisah dari induknya. Contohnya: tebu, apel, dan erbei.
5. Stek
Stek merupakan penanaman potongan batang. Contohnya: tebu, singkong dan ubi jalar.

Keuntungan dari perkembangbiakan vegetatif buatan:
1. dapat memilih sifat tanaman yang sesuai dengan keinginan
2. cepat berproduksi, cepat dikembangbiakkan tanpa menunggu berbuah
3. sifatnya sam dengan induknya
Kerugiannya:
1. menghasilkan keturunan sedikit
2. akarnya serabut sehingga tidak kokoh
3. dan mudah roboh, serta tanaman induk merana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar