Sabtu, 19 Januari 2013

Peningkatan Mutu

Pada awalnya istilah " Peningkatan Mutu" hanya dikenal di dunia Bisnis....namun belakangan ini istilah peningkatan mutu telah merambah diberbagai bidang, seperti peningkatan mutu kinerja, peningkatan mutu pendidikan, dll.

Ada 4 hal yang menjadi dasar tercapainya peningkatan mutu adalah :
  1. Komitmen terhadap perubahan : Suatu peningkatan mutu pasti akan dilalui dengan membuat perubahan. Komitmen yang kuat terhadap perubahan tentu menjadi modal yang besar untuk berubah menjadi lebih baik. yang berujung pada terjadinya peningkatan mutu.
  2. Sadar akan situasi yang telah terjadi : Sadar diri terhadap kejadian yang telah dihadapi merupakan cermin untuk mawas diri . Kekurangan, kegagalan, dan hambatan yang telah dilalui menjadi bahan evaluasi di masa yang akan datang.
  3. Memiliki tujuan/visi yang jelas untuk ke depan :Memiliki tujuan yang jelas yang akan di capai dimasa datang, karena banyak orang yang mengalami kegagalan lantaran tidak memiliki tujuan yang jelas.
  4. Menggali sebanyak mungkin hal - hal yang dapat dijadikan modal keberhasilan : Mau belajar dari berbagai faktor, menggali pengalaman sukses, membuka diri terhadap semua informasi positif dan mempelajari peluang merupakan hal yang mempercepat tercapainya peningkatan mutu.
Dari 4 hal yang terangkum di atas , tentu saja bersifat fleksible untuk pelaksanaannya, untuk dunia usaha, dunia pendidikan, dll. Selamat mencoba... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar