Selasa, 05 Februari 2013

Kisi - Kisi Latihan UN Biologi SMP

Penjabaran SKL ke dalam kisi - kisi soal berikut ini bertujuan untuk memudahkan pengenalan materi essensial sesuai SKL. Bagi siswa dapat dijadikan acuan sehingga kegiatan belajar lebih terarah. Bagi guru bisa dijadikan acuan dalam menyusun soal latihan UN.


PENJABARAN SKL KE DALAM KISI-KISI SOAL IPA-BIOLOGI
N0
STANDAR KOMPETENSI   LULUSAN (SKL)
INDIKATOR SKL
INDIKATOR SOAL
No Butir
9
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
21.    Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
·     Disajikan data zat aditif  pada kemasan makanan, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif alami pada makanan 
·     Disajikan data zat aditif  makanan siswa, dapat mengidentifikasi zat aditif sintetis pada makanan
·     Siswa dapat menjelaskan pengaruh  zat aditif terhadap kesehatan

21
22.    Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
·     Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri  pengaruh zat adiktif terhadap halusinasi
·     Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri  pengaruh zat adiktif terhadap depresi
·     Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisiologis pengaruh zat adiktif

22
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
23.    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·     Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri-ciri  makhluk hidup tertentu
·     Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri  tersebut yang benar
·     Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut yang benar

23
24.    Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
·     Disajikan beberapa nama hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan  pada hewan tinggi  (Mamalia laut)
·     Disajikan data ciri mahluk hidup, siswa dapat mengidentifikasi  ciri pengelompokan  pada hewan rendah
·     Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan  tinggi/tendah

24
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
25.    Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
·     Disajikan diagram rantai/jarring-jaring makanan, siswa dapat menentukan  komponen rantai  makanan dalam ekosisten ( jumlah)
·     Disajikan contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan  interaksi antarmakhluk hidup (simbiosis)
·     Disajikan gambar pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan  interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)

25
26.    Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
·     Disajikan kasus pencemaran, siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran air  (eutropikasi  )
·     Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran  udara (reboisasi)
·     Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran tanah (daur ulang)
26
27.    Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
·     Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah , siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi  dengan kebutuhan air bersih/udara bersih (dampak)
·     Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan (dampak)
·     Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan  pengaruh peningkatan populasi penduduk dengan ketersedian  oksigen di lingkungan
27
12
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
28.    Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     Disajikan tabel ciri-ciri sel darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan  benar  
·     Siswa dapat menetukan  contoh penyakit /kelainan sistem peredaran darah
·     Disajikan data, siswa dapat membedakan pembuluh darah (arteri dan vena)
28
29.    Menjelaskan system pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
·     Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzim dengan fungsi tertentu
·     Siswa dapat menentukan fungsi enzim tertentu dalam proses pencernaan makanan
·     Disajikan tabel pencernaan siswa dapat menetukan  nama enzim tertentu serta fungsinya

29
30.    Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     Disajikan  data mekanisme pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
·     Siswa dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan
·     Disajikan gambar penggalan alat pernafasan, siswa dapat menentukan organ tertentu dengan fungsinya
30
·     Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak yang ditimbulkannya.
·     Disajikan gambar tentang kelainan pada susunan tulang belakang, siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya kelainan tersebut.
·     Disajikan gambar salah satu jenis  otot, siswa  dapat menentukan fungsi jenis otot tersebut.
31.          
32.    Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
·     Disajikan gambar penampang membujur ginjal, siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk.
·     Siswa dapat menentukan hasil dari salah satu tahapan proses pembentukan urine pada ginjal
·     Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia
32.          
33.    Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
·     Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
·     Siswa dapat menentukan prosedur jalannya rangsang yang disebabkan oleh jenis gerak tertentu
·     Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk 
33.          
13
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
34.    Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
·     Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
·     Disajikan beberapa deskripsi suatu jaringan tumbuhan,  siswa dapat menentukan jenis jaringan tersebut
·     Siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil
34.          
35.    Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·     Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri malu/yang bersulur/ Leguminaceae), siswa dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh tertentu
·     Disajikan beberapa pernyataan/contoh tentang respon tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai/benar.
·     Siswa dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar
35.          
36.    Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
·     Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan dari salah satu tahapan tersebut
·     Siswa dapat menentukan bentuk reaksi kimiawi fotosintesis dengan benar
·     Disajikan gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada percobaan tersebut
36.          
14
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
37.    Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
·     Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri pertumbuhan dan perkembangan, siswa dapat menentukan ciri perkembangan pada makhluk
·     Siswa dapat memberikan contoh faktor eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
·     Siswa dapat membedakan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan
37.          
38.    Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
·     Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
·     Siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup tertentu.
·     Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung seleksi alam
38.          
39.    Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
·     Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan genotip/fenotip F2
·     Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
·     siswa dapat menentukan perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan dihibrid dominasi penuh
39.          
40.    Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
·     Siswa dapat memberi contoh salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
·     Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk bioteknologi modern dalam bidang kesehatan
·     Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba yang dimanfaatkan dalam bioteknologi pada bidang pertanian
40.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar