PENJABARAN SKL KE DALAM KISI-KISI SOAL IPA-BIOLOGI
N0
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
INDIKATOR
SKL
|
INDIKATOR
SOAL
|
No
Butir
|
9
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
21.
Menjelaskan bahan kimia
dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
|
·
Disajikan data zat
aditif pada kemasan
makanan, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif alami pada makanan
·
Disajikan
data zat aditif makanan siswa, dapat
mengidentifikasi zat aditif sintetis pada makanan
·
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh zat aditif terhadap
kesehatan
|
21
|
22.
Menjelaskan zat
adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
|
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh
zat adiktif terhadap halusinasi
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh
zat adiktif terhadap depresi
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri fisiologis pengaruh zat adiktif
|
22
|
||
10
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
23.
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
·
Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa dapat
menentukan ciri-ciri makhluk hidup
tertentu
·
Disajikan gambar ciri
mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut yang benar
·
Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut
yang benar
|
23
|
24.
Mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
·
Disajikan beberapa nama
hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan tinggi (Mamalia laut)
·
Disajikan data ciri
mahluk hidup, siswa dapat mengidentifikasi
ciri pengelompokan pada hewan
rendah
·
Disajikan gambar
tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan tinggi/tendah
|
24
|
||
11
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar
makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
25.
Menjelaskan interaksi
antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
·
Disajikan diagram
rantai/jarring-jaring makanan, siswa dapat menentukan komponen rantai makanan dalam ekosisten ( jumlah)
·
Disajikan contoh pola
interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan
interaksi antarmakhluk hidup
(simbiosis)
·
Disajikan gambar pola
interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan
interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
|
25
|
26.
Menjelaskan usaha-usaha
manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
·
Disajikan kasus
pencemaran, siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran
air (eutropikasi )
·
Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran udara (reboisasi)
·
Siswa dapat
mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran tanah (daur ulang)
|
26
|
||
27.
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan
berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
|
·
Disajikan
grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah , siswa
dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi dengan kebutuhan air bersih/udara bersih
(dampak)
·
Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan (dampak)
·
Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan pengaruh peningkatan populasi penduduk dengan ketersedian oksigen di lingkungan
|
27
|
||
12
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
28.
Menjelaskan
system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
·
Disajikan tabel
ciri-ciri sel darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan benar
·
Siswa dapat
menetukan contoh penyakit /kelainan
sistem peredaran darah
·
Disajikan
data, siswa dapat membedakan pembuluh darah (arteri dan vena)
|
28
|
29.
Menjelaskan system
pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
· Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzim dengan fungsi tertentu
· Siswa dapat menentukan fungsi enzim tertentu dalam proses pencernaan
makanan
· Disajikan tabel pencernaan siswa dapat menetukan nama enzim tertentu serta fungsinya
|
29
|
||
30.
Menjelaskan system
pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
· Disajikan data mekanisme
pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
· Siswa dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan
· Disajikan gambar penggalan alat pernafasan, siswa dapat menentukan organ tertentu
dengan fungsinya
|
30
|
||
·
Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak
yang ditimbulkannya.
·
Disajikan gambar tentang kelainan pada susunan tulang belakang, siswa
mampu menjelaskan penyebab terjadinya kelainan tersebut.
·
Disajikan gambar salah satu jenis
otot, siswa dapat menentukan
fungsi jenis otot tersebut.
|
31.
|
|||
32.
Menjelaskan
sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya. |
· Disajikan gambar penampang membujur ginjal, siswa dapat
menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk.
· Siswa dapat menentukan hasil dari salah satu tahapan
proses pembentukan urine pada ginjal
· Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi bagian alat
reproduksi pada manusia
|
32.
|
||
33.
Menjelaskan
sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
· Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
· Siswa dapat menentukan prosedur jalannya rangsang yang
disebabkan oleh jenis gerak tertentu
· Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat
menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
|
33.
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
34.
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
|
· Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ
pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
· Disajikan beberapa deskripsi suatu jaringan
tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis
jaringan tersebut
· Siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil
dan monokotil
|
34.
|
35.
Menjelaskan
respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
· Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri
malu/yang bersulur/ Leguminaceae),
siswa dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh tertentu
· Disajikan beberapa pernyataan/contoh tentang respon
tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat menentukan pernyataan yang
sesuai/benar.
· Siswa dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan
oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar
|
35.
|
||
36.
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
· Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan
dari salah satu tahapan tersebut
· Siswa dapat menentukan bentuk reaksi kimiawi
fotosintesis dengan benar
· Disajikan gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
percobaan tersebut
|
36.
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta
kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
37.
Menjelaskan
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
|
· Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri pertumbuhan
dan perkembangan, siswa dapat menentukan ciri perkembangan pada makhluk
· Siswa dapat memberikan contoh faktor eksternal/internal
yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
· Siswa dapat membedakan pertumbuhan primer dan sekunder
pada tumbuhan
|
37.
|
38.
Memberi
contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
· Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa
dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
· Siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang
dilakukan oleh makhluk hidup tertentu.
· Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung seleksi
alam
|
38.
|
||
39.
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
· Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid dominasi
penuh, siswa dapat menentukan perbandingan genotip/fenotip F2
· Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid
intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip
tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
|
39.
|
||
40.
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
· Siswa dapat memberi contoh salah satu mikroba yang
dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
· Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk
bioteknologi modern dalam bidang kesehatan
· Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba yang
dimanfaatkan dalam bioteknologi pada bidang pertanian
|
40.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar